Manajemen di Era Perubahan Drastis


 Nama: Fyra Ananda Putri

NIM: 1709622064

Mata Kuliah: Pengantar Manajemen

Dosen: Prof. Dr. Dedi Purwana E.S., M.Bus.


Manajemen menjadi penting manakala lingkungan eksternal organisasi selalu berubah, sehingga perubahan yang ada di lingkungan organisasi selalu bisa berubah. Karena perubahan itu sendiri tidak pernah bisa kita prediksi kapan itu akan terjadi. Contohnya, 2 tahun yang lalu kita tidak pernah bisa memprediksi pandemi COVID-19 bisa membuat tantangan sosial, pendidikan, kesehatan apalagi ekonomi. Semua aspek kehidupan berubah harus bisa menyesuaikan dengan kejadian pandemi COVID-19 ini. Artinya perubahan itu di ibaratkan seperti turbulent times, itu merupakan seperti kalau anda naik pesawat di pesawat itu tenang dan tiba-tiba masuk seperti semacam kaya ruang hampa, udara itu membuat pesawat bergoncang yang sering sekali disebut dengan turbulen, kalau turbulen nya sangat keras kita akan bisa terlempar sampai ke kabin pesawat.

Di didalam me-manage organisasi/perusahaan, bagaimana organisasi berubah dengan cepat dan perubahan itu akan berlanjut terus menerus semakin tinggi apalgi dengan kemajuan teknologi. Perubahan organisasi:

  • kecepatan terus meningkat
  • perubahan adalah sumber utama risiko bisnis
  • kekuatan pendorong
  1. telekomunikasi
  2. keragaman karyawan
  3. kesadaran publik
  4. tempat pasar global
  5. komunitas pemangku kepentingan
  • Kekuatan Pendorong: Teknologi, teknologi yang semakin maju telah menyusutkan dunia.
  • Kekuatan Pendorong: Keragaman, meningkatnya keragaman pekerja telah membawa beragam nilai, perspektif, dan harapan yang berbeda di antara pekerja.
  • Kekuatan Pendorong: Kesadaran Publik, kesadaran publik telah menjadi jauh lebih sensitif dan menuntut agar organisasi lebih bertanggung jawab secara sosial.
  • Kekuatan Pendorong: Pasar Global, berusaha untuk tetap kompetitif dalam menghadapi persaingan global yang semakin ketat. banyak negara dunia ketiga telah bergabung dengan pasar global, menciptakan arena yang lebih luas untuk penjualan dan layanan
  • Kekuatan Pendorong: Pemangku Kepentingan, komunitas pemangku kepentingan organisasi bertanggung jawab kepada pemegang saham dan fokus membangun hubungan dengan karyawan, pelanggan, mitra, dan pemasok.
Sifat manajemen adalah mengatasi beragam tantangan yang jauh jangkauannya. 
Dalam pergeseran pola pikir untuk menavigasi turbulensi manajer diminta untuk:
  1. lakukan lebih banyak dengan lebih sedikit
  2. melibatkan seluruh karyawan
  3. melihat perubahan daripada stabilitas sebagai hal yang alami
  4. menciptakan visi dan nilai budaya yang mendorong ruang kerja yang kolaboratif
Definisi manajemen adalah pencapaian tujuan organisasi secara efektif dan efisien melalui 4 fungsi:
1. Planning
2. Organizing 
3. Leading
4. Controlling
manajer menggunakan banyak keterampilan untuk melakukan fungsi-fungsi tersebut.

Penampilan Organisasi:
  • Organisasi: entitas sosial yang mempunyai tujuan yang terarah dan terstruktur dengan sengaja
  • Keefektifan: sejauh mana organisasi mencapai tujuan yang sudah di nyatakan
  • Efisien: menggunakan sumber daya se minimal mungkin  (bahan baku mentah, uang, dan orang) untuk menghasilkan volume output yang diinginkan
  • Penampilan: kemampuan organisasi untuk mencapai suatu tujuan dengan menggunakan sumber daya dengan efisien dan efektif
skill manajemen :
-Pekerjaan manajer: 
1. kompleks 
2. multidimensi
3. berbagai keterampilan
  • keterampilan konseptual: kemampuan kognitif untuk melihat organisasi secara keseluruhan 
  • keterampilan manusia: kemampuan untuk berkerja secara efektif di dalam grup
  • keterampilan teknis: pemahaman dan kemahiran dalam melakukan tugas-tugas tertentu
Tipe manajemen:
  • functional managers
  • general managers
mengelola saat masa yang penuh gejolak:
  • selalu tenang
  • terlihat
  • mendahulukan orang sebelum bisnis
  • mengatakan dengan jujur
  • tau kapan kembali kepada bisnis
Source resume: https://youtu.be/3TGZ2u--vVM from Dedi Purwana Channel 

Komentar